Keluarga PPA MASA SMART

ini adalah salah satu foto keluarga PPA MASA SMAN 1 Rejotangan, Walaupun Masih belum Semuanya. :D

Pengukuhan Ambalan

inilah salah satu momentum pada saat prosesi upacara pengukuhan Ambalan Arjuan-Srikandi Pangkalan SMAN 1 Rejotangan yang diikuti oleh adik adik tamu ambalan.

The Real Exiting

Outbond waktu penempuhan ambalanku.

Jelang Fajar 2013 STKIP PGRI Tulungagung

Ketika Finish di Jelang Fajar, ( Tio dan Candra Panglima)

Keluarga PRASAMRETA senior

udah pada tua" tuh semuanya

Foto para Juara Jelang fajar STKIP PGRI Tulungagung

akhirnya dari sekian lama bisa juara lagi. alhamdulillah

Lomba lintas alam HUT NIPONK

salah satu pemandangan dari pucuk gunung. walau panas"an dan kehausan serta kelaparan.

Kegilaan pas KIA on The Road 1437 H

Wah sebuah kenangan yang semoga gak akan dilupain.

At Least. . . .

Akhirnya para petualang ini menemukan tempat yang berisi pohon" hijau. . . seakan menemukan OASIS.

IPC 1437 H

Sayang banget gak ada potoku disini, padahal yang paling sering moto. malah jarang banget di foto.

12 October 2017

Entah kamu bakaln baca tulisan ini atau enggak,

Entah kamu bakaln baca tulisan ini atau enggak,

Baru saja beberapa waktu, mungkin baru beberapa bulan yang lalu, aku bisa terlepas dari jeratan rindu, atau mungkin perasaan suka yang amat mendalam. Perasaan sakit dan perih yang sudah aku tahan bertahun-tahun. Butuh lima tahun aku baru bisa meredakan rasa sakit tersebut. Aku sangat bersyukur tak lagi memilki penyakit hati tersebut.

Tapi, baru beberapa saat saja, mungkin baru beberapa bulan, atau bahkan minggu. Bayang-bayang penyakit ini mulai muncul kembali.

“Seneng dong ya, kan bisa ketemu sama orang yang sama-sama peduli dan sayang sama kita?, ya gak sih?”

Tapi itu tuh ibarat makanan lezat yang beracun, ibarat bunga indah yang penuh duri dibawahnya.

Gak paham ?

Mungkin keliatanya bahagia banget ya, kayak di instagram gitu, saling nunjukin rasa sayang.

Tapi apakah Allah memang me ridho i tindakan tindakan seperti itu ?

Tidak, tidak sama sekali, kecuali kamu dengan ku itu halal.

Memang sejak awal, aku salah satu penyebab ini semua terjadi. Aku yang terlalu pengen tahu kamu dan kehidupanmu, sampai-sampai membuatmu NYAMAN dan KANGEN sama aku. Aku gak pernah bermaksud membuatmu seperti itu.

Ada dua hal pilihan yang bisa aku ambil ketika itu sudah terjadi,

Satu,
Meneruskan hubungan, tetap saling komunikasi. Setelah lama-kelamaan, Penyakit ini semakin kronis dan menjalar kemana-mana. Dari awalnya yang Cuma chat-an, kemudian pengen ketemu, kemudian pengen maen bareng, pengen bikin cerita bareng.

Tapi tahukah kamu, pilihan ini begitu banyak dosa didalamnya. Hari-hari kita tidak sengaja membuat dosa  setiap detiknya. Apalagi sampai berpegangan tangan dan lebih lebih.

Aku gak pengen menjadi salah satu penyebab banyaknya dosa yang kamu miliki.

Dua,
Menghentikan hubungan, 
Mungkin bagi perasaan kita, ini pilihan yang begitu kejam.

“Bagaimana tidak ?, orang yang kita sayang tiba-tiba pergi menjauh, tiba tiba dia cuek.”

Aku hati kamu pasti sakiitt banget, pasti rasanya kayak durii ditusuk-tusuk. Aku juga ngalamin yang sama. Udah beberapa hari ini aku gak bisa tidur dengan tenang. Apalagi setelah melihat tulisanmu yang mengungkapkan rasa sakit yang kamu alami. Rasanya aku perlu banget buat ngasih kejelasan LAGI ke KAMU.

------------------------------

Dulu aku pernah pamit buat gak komunikasi lagi sama kamu kan ?

Awalnya memang sakit, tapi lama-lama sedikit bisa kan ?

Sekarang aku pamit lagi.

Dan kali ini rasanya begitu sakitt kan, jauh berbeda dari sakit yang dulu.?

----------------------------

Seperti itu cinta, dia semakin sakit ketika kau ditinggal oleh orang yang begitu kau sayangi.

Semakin engkau sayang, semakin sakit pula efeknya.

-----------------------------

Lima tahun sudah aku mengidap rasa sakit itu dihatiku. Baru beberapa saat saja, apakah aku harus kembali mengidap rasa sakit yang sama untuk lima tahun kedepan ?

-----------------------------

Mungkin ini adalah pilihan yang terbaik, dengan pergi darimu, 
memang aku sangat ingin mendengar ceritamu hari ini, esok maupun lusa. 
menjadi tokoh utama pada cerita-cerita indahmu, baik suka maupun duka mu.

Tapi aku tak tahu jalan apa yang akan kita temui nanti dari perpisahan ini.

Terlalu sulit anganku membayangkan dirimu sebagai  teman hidupku nanti.

Dengan beberapa  target-target yang harus SEGERA dan DENGAN CEPAT aku CAPAI, aku tak tahu bisa mencapai nya kapan, Mungkin 6 sampai 7 tahun, mungkin juga bisa lebih cepat.

Umurmu sekarang sudah 22 tahun, 7 tahun lagi kau akan berumur 29 tahun. Aku tidak percaya di 7 tahun kedepan nanti tidak ada ikhwan lain yang berusaha menghalalkanmu. Aku yakin pasti ada ikhwan yang jauh lebih baik, lebih mapan, lebih segalanya dariku yang berusaha menghalalkanmu.

Sekali lagi jika itu terjadi, “JANGAN TOLAK”.

Di umur ke 29 atau hampir mendekati 30 tahun, seroang akhwat pasti akan merasakan iri, begitu iri melihat teman-temannya yang sudah memiliki malaikat kecil dikehidupannya.

Dan aku tidak ingin membuat mu sengsara dengan menungguku selama 7 tahun*.

Dilihat dari sudut pandang manapun, perintah Allah memang terbaik.

“bayangkan jika kau dan aku begitu dekat beberapa tahun kedepan, dan tiba-tiba ada seseorang yang datang untuk menghalalkanmu, dirinya sudah mapan, dan aku belum siap. Pada akhirnya Allah bisa saja berkehendak bahwa dialah jodohmu”

Bayangkan seberapa sakit aku nanti ketika perasaan suka ku sudah tumbuh jauh lebih besar dari saat ini.

Lebih baik aku memadamkan perasaan ini sebelum tumbuh membesar sampai aku tak bisa memadamkannya.

Bukankah aku dulu pernah cerita bagaimana aku bisa jatuh cinta ?

meskipun aku tak pernah engkau maafkan, tapi ini adalah jalan yang paling aman. jalan yang begitu terjal tapi lurus dengan selamat.

lupakan aku,

nikmati hidupmu.

kamu punya banyak sahabat baik kan ?

hilang satu gak pa pa lah yaa. 






10 October 2017

:)

Assalamu'alaikum, :)

aku mau minta maaf kalau dulu dulu sering bikin salah,

Mungkin kamu bertanya tanya kenpa aku tiba tiba ngeblock akun medsosmu,

aku nge block semua akun medsos mu karena aku ngerasa ada yang salah sama aku sekarang, lebih banyak mudorot daripada manfaat yang didapat.

Dan pada titik tersebut aku merasa bahwa ini adalah tindakan yang terbaik.

Kamu pasti ngerasa sakit ati, kesel, bingung sama aku yang tiba tiba kek gitu.

Mungkin sejak awal seharusnya aku tak pernah memulai mengajakmu bicara, agar pada akhirnya kau pun tak pernah tersakiti. Dan kita pun bahagia.

Wassalamu'alaikum.

28 September 2017

Self Cleaning Coating Technology - Self Cleaning

Pada saat ini, pembersihan permukaan khususnya pada material bangunan seperti kaca, lantai dan sebagainya, ternyata memberikan biaya perawatan yang cukup besar, khususnya pada penggunaan energi dan bahan kimia seperti detergen. Akan tetapi saat ini telah berkembang dengan pesat teknologi self-cleaning untuk permukaan materia. Self Cleaning merupakan fenomena dimana permukaan material yang terkena kotoran dapat membersihkan dirinya sendiri. Secara umum ada dua prinsip yang diterapkan agar self cleaning dapat berlaku, yaitu prinsip permukaan super hidrofobik atau super hidrofilik.

Dengan merubah permukaan menjadi hidrofobik dapat memberikan sifat self cleaning pada material. Baru-baru ini, Barthlott menginvestigasi dan membuktikan korelasi antara mikorstruktur, kebasahan, dan kontaminan secara mendetail menggunakan daun teratai.


                                                       Gambar 2.1 Lotus Effect
Air pada permukaan biasa yang memiliki derajat kemiringan lebih dari 130  akan menmpel pada permukaan tersebut, air tersebut hanya melewati partikel-partikel kontaminan. Hal yang berbeda terjadi ketika permukaan berupa hidrofobik, air yang berkontak dengan permukaan material tersebut akan berbentuk droplet , dimana droplet tersebut juga mengikat partikel kontaminan sehingga permukaan dapat menjadi bersih kembali. Proses ini dinamakan Lotus Effect karena fenomena ini sangat mirip dengan tanaman lotus.

(Benedix, 2000)

Aku ?

Aku bukan orang yang tepat untukmu, mbak.

Mbak, mungkin ada seseorang lain yang lebih baik dan lebih kufu ataupun cocok denganmu.

Ketika aku melihat diriku ini, masih banyak kekurangan yang kumiliki, dan aku tak yakin engkau akan sanggup menerima semuanya.

Masih banyak ikhwan diluar sana yang begitu luar biasa baik daripada aku
Mungkin hanya saja dia belum datang kerumahmu dan beriktikad baik untuk mu dan masa depanmu.

Hidup hanya sekali, dan waktu akan terus menggerus umur kita.

13 September 2017

Long Text Alert

aku sudah siap akan kenyataan pahit yang mungkin bakalan terjadi.
secara alamiah, meskipun antara pria dan wanita mempunyai umur yang sama. kebanyakan dan sering kali wanita menikah lebih cepat 5 tahun daripada sang pria.
thats the fact.!
memang banyak pertimbangan, dan salah satu pertimbangan utama yang ada di masyarakat, karena pemikiran wanita jauh lebih cepat dewasa daripada pria.
faktor kedua karena pria biasanya lebih awet muda daripada wanita, meskipun jarak pernikahan terkadang sampai 10 tahun, di umur yang ke 40 tahunan, keduanya malah terlihat sepantaran.

tapi bukan faktor-faktor itu yang aku takutkan.
ini masalah persaingan, mungkin memang seseorang yang membuatku - dalam tanda kutip - tertarik. berada di umur yang sama, atau malah mungkin lebih tua daripada aku. 
—————–
(btw gak ada satupun orang yang aku kasih tau kapan ulang tahunku, kecuali salah satu temenku yang emang kebetulan ulang tahunnya sama)
banyak hal-hal aneh yang aku kira hanya aku aja yang suka ngelakuin itu, dan ternyata dia pun juga sama. karakter dan bahkan hasil psikotest pun hampir sama. gak tahu juga kenapa cuma gara-gara lahir di waktu yang sama bisa punya beberapa kemiripan kayak gitu, gak semuanya juga sih)
———————-

kemungkinan besar si dia pasti bakalan memperoleh banyak tawaran untuk menikah. dan ketika aku masih berjuang untuk beberapa hal yang memang harus aku lakuin saat ini sampai beberapa tahun kedepan.

bisa saja diwaktu tersebut datang seseorang yang baik untuknya.
kalau itupun terjadi, dan jika dia nanya apa yang harus dilakuin disaat aku masih belum mampu, aku bakalan ngomong
“kalau ada orang baik yang datang untuk ngajak kebaikan kenapa harus ditolak ?” 
aku gak bakalan marah atau gimana, toh kalau dia juga tambah baik sama dia kan alhmadulillah, gak harus dipaksain.
——————
jadi terkadang aku mungkin sering nanya, “kapan nikah ?”, atau “kalau sudah nikah jangan lupa undangannya ya”
buat sekedar ngasih kode, ngasih informasi kalau dirinya memang sudah ada imamnya. sehingga aku tak terus-terusan mengharapkannya.
—————–
jujur belum ada orang yang membuat tekadku bulat untuk menjadikan pendamping kelak, mungkin ada satu atau dua. tapi kalau sekarang masih yakin, aku belum tahu bagaimana agamanya, bagaiamana situasi dan kondisi kehidupannya, bagaimana kesibukan dan kesehariannya, dan masih banyak lagi.

tapi aku juga gak begitu yakin, karena sangat besar sekali kemungkinan mereka bakalan nikah duluan.
———–
aku gak ingin ngasih harapan yang gak tahu apakah emang bener aku nanti bisa lakuin atau enggak. aku gak ingin membuat seseorang menunggu bertahun-tahun dan di akhir penantiannya hanya duri dan racun yang ia dapat.
lebih baik gak usah mengharapkan sama sekali,
toh nanti kalau kamu masih belum punya imam, dan aku sudah mampu, aku bakalan datang. tapi jangan pernah nunggu.
kalau ada orang baik yang datang langsung terima saja.
kamu pernah denger hadits nabi kan?, 
“yang kalau ada seseorang baik, datang kerumah seseorang untuk melamar dan ditolak, maka akan terjadi musibah”
baik ini sudah tentu sesuai dengan kriteria calon pendamping yang baik sesuai islam, bukan baik menurut pandangan kita aja. terkadang apa yang kita anggep baik belum tentu baik beneran, begitu pula sebaliknya.
jadikan patokan agama sebagai nomor satu dari parameter kondisi operasi untuk terciptanya sebuah process ijab qabul.
———————–

jangan tunggu aku, kalau ada orang baik datang, terima saja.

———————

12 September 2017

Nyinyir

Aku paling seneng kalau cerita masalah hati. Gak ada habis habis nya. Meski ya emang ibarat kata Cuma nyinyir doang gak bermakna. Tapi…
Well…  its fun.
Aku pernah denger satu kalimat bahasa inggris.
“Great people talk about ideas, normal people talk about event, small people talk about “nyinyir”.
Wkwkwk. Aku lupa apa terusannya. Tapi intinya orang yang lemah itu kebiasaannya cuma ngomongin hal-hal masalah tanpa ngasih solusi. Nyinyir lah kalau sebutanku.
Jujur aku jarang banget nyinyirin masalah. Paling kalau pernah itu aku pendem dalem dalem.
Mungkin udah dari didikan lingkungan keluarga yang buat aku jadi orang yang pendiem, dan lebih banyak ngomong lewat tulisan. Didikan dari keluarga petani, yang dari SD sampai SMA sering banget kerja fisik di tegalan. You know what is tegalan ?  not know ? ndeso..
Dari dulu aku lebih sering didikin sama orang tuaku untuk menerima apa adanya, menghadapi apapun masalah didepan. Atau lebih jelasnya, aku lebih sering dikasih perintah dan gak boleh nolak, gak boleh ngebantah, kadang komentar pun gak boleh. Jadi mau gak mau harus nurut persis kayak apa yang disuruh sama orang tuaku. Bertahun-tahun aku hidup seperti itu lama kelamaan mungkin udah jadi kepribadian.
Meskipun juga salah satu pendidikan karakter, yang paling mengena buat aku ada di SMA. Tepatnya di organisasi Pramuka dan Pala.
Kalau di Pramuka lebih ke sikap disiplin, teratur dan tanggung jawab.
Kalau di Pecinta Alam, dari ikut itu yang paling ngena salah satunya aku gak pernah lagi protes sama apapun yang ada dihadapanku makanan terutama. Seenak apapun atau seenggak enak apapun makanan aku selalu makan itu makanan. Dulu yang mungkin aku pilih-pilih makanan. Sekarang aku jadi lebih omnivora. Wkwkwk
Kadang kalau ada makanan kemarin dan makanan yang baru, aku lebih milih buat makan makanan yang kemarin. Aku cuma gak mau ngebuang aja mubazir. Itu pemikiran pas SMA. Apalagi kalau sekarang wah udah tahu hidup di perantauan pasti lebih ngerti lah.
Kedua, aku ngerti kalau Alam itu ibarat guru yang suka mendidik orang. Ketika engkau berada di alam, dan mulai meremehkan, “ah Cuma gini aja, ah katanya dingin mana ….”. mungkin beberapa saat kemudian kamu bakalan dibikin kedinginan banget bahkan rasanya pengen copot tuh jemari kaki mu.
Dari situ rahasia yang amat luar biasa ini, yang berupa didikan untuk “ tidak boleh meremehkan alam” sangat menjadi patokan dimanapun aku berada.
Ah aku jadi ngelantur kemana-mana.

11 September 2017

Sedih


Hujan datang terkadang bisa saja tiba tiba ataupun datang dengan permisi.

Terkadang hujan datang disaat mendung, pernah juga hujan datang saat langit begitu cerah

Hujan menemukanku dan mengajarkanku akab kebahagiaan

Sedih pun sangat mirip dengan hujan
Sedih mengajarkan kita bagaimana indahnya kebahagiaan

Jika tak pernah bersedih, semuanya akan terasa hambar

Ibarat sayur tanpa garam
Ibarat cinta tanpa benci
Ibarat aku tanpa kamu