14 January 2015

UJIAN NASIONAL SMA ku

Disini aku akan bercerita tentang pengalamanku dalam menghadapi UN atau biasa disebut dengan Ujian Nasional.

Sebenarnya Ujian Nasional bagikut tak begitu terlalu penting, dan bahkan dulu saat aku masih kelas 2 SMA, aku berpendapat bahwa UN hanya memberikan banyak kerugian. diantaranya 

1. Biaya - dalam penyelenggaraan UN tahun ini membutuhkan banyak biaya, bayangkan saja berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam pembuatan soal yang melibatkan para dosen. belum lagi ongkos pembuata naskah soal untuk ratusan ribu orang. itu masih pembuatannya. belum lagi ongkos pengiriman ke seluruh penjuru indonesia.  terlebih tingkat keamanan naskah soal pun juga tak boleh diindahkan sehingga sampai melibatkan pihak kepolisian. ditambah setiap sekolah pasti harus mempersiapkan berbagai keperluan dalam menghadapi UN yang pasti juga membutuhkan BIAYA. pak Nuh pernah berkata biaya yang diperlukan tiap anak sekitar Rp80.000,- untuk mengikuti UN. 

Coba kita kalkulasi hal-hal diatas secara kasar saja.
Ongkos Pembuatan oleh Para Dosen  :  tiap Mapel setidaknya ada 4 pembuat, bagaimana gajinya 5 juta ditambah yang membuat soal listening, 3 orang. berarti ( 4 x 10 mapel )x 5 juta = 200 juta + 15 juta = 215 juta.

Proses Pembuatan :


Proses Distribusi :



Respon:

0 komentar:

Post a Comment